Archive Pages Design$type=blogging

Cara Aman Memulai Jadi Pengusaha

Peluang Usaha dan Bisnis Waralaba - Orang memang makin banyak yang ingin jadi pengusaha, terutama setelah virus Robert T Kyosaki mewabah...

Peluang Usaha dan Bisnis Waralaba - Orang memang makin banyak yang ingin jadi pengusaha, terutama setelah virus Robert T Kyosaki mewabah dengan gagasan “Cash Flow Quadrant. Tapi ternyata banyak  pula yang hanya sekedar  ingin dan ingin. Tidak ada  effort lebih untuk merealisasikannbya.  Alasan klise yang sering  muncul, tidak ada modal, takut gagal, tidak punya pengalaman, bingung mau usaha apa dan-lain-lain. “Penyakit-penyakit” seperti diatas biasanya dimiliki oleh  pemula-pemula, yang berasal dari kuadran karyawan namun ingin beralih ke kuadran pengusaha. Tapi  penyakit tersebut sejatinya harus diberantas.Pasalnya kalau dibiarkan jelas akan membelenggu keinginan jadi pengusaha.
Buku Franchise, Cara Aman  Memulai  Bisnis ibaratnya adalah obat mujarab untuk memberantas penyakit-penyakit orang pemula tersebut. Buku yang ditulis oleh Bije Widjajanto, konsultan franchise dari Benwarg  Consulting ini memaparkan pengetahuan untuk menjadi  pengusaha  yang aman, melalui franchise.
Dibanding membangun bisnis sendiri, melalui  franchise  lebih aman. 
 

Amannya karena  franchise  adalah duplikasi sistem yang telah diterapkan sebelumnya. Ditambah lagi ada support dan pendampingan  sehingga pemula sekalipun yang tidak punya bekal pengalaman di bisnis juga bisa dan punya peluang sukses menjadi pengusaha, asalkan tepat dalam memilih franchise serta memiliki passion di bisnis yang akan digelutinya.
Dalam buku ini Bije mencatat setidaknya ada lima keuntungan menjadi pengusaha melalui franchise dibanding membuka sendiri dari awal. Pertama, terbukti menguntungkan. Kedua,  sistem operasi  bisnis menguntungkan, Ketiga, brand awareness lebih tinggi. Keempat,  jaringan bisnis lebih luas. Dan kelima, dukungan manajemen.
Beberapa tahun ini  franchise memang sedang menjadi buah bibir.  Para pengusaha makin banyak memfranchisekan bisnisnya karena pola franchise merupakan cara yang efektif dan efisien untuk mengembangkan jaringan.
Pun demikian dengan pemula, makin banyak yang  tertarik  menjadi pengusaha  dengan membeli  franchise karena  kelima keuntungan yang ditawarkan.Tapi,  sekali  lagi ketika seseorang memutuskan membeli franchise berarti sama dengan memutuskan untuk menjadi seorang  pengusaha.  Jadi meskipun franchise merupakan model bisnis yang sempurna dimana semua aspek bisnis sudah distandarkan, tidak serta merta kesuksesan menunggu. Tetap yang menentukan sukses tidaknya adalah si  pembeli franchise. Makanya di dalam bukunya ini  Bije juga memberi  pemaparan tentang memilih franchise yang tepat dengan mempertimbangkan  berbagai  aspek internal dan eksternal, baru kemudian aspek probabilitas.

Aspek internal dalam hal ini adalah calon pembeli franchise harus bisa menginventarisir diri meliputi passion, entrepreneurship, pengetahuan pasar lokal dan  arena persaingan, pengetahuan tentanng kondisi  lapangan, serta kemampuan financial. Sedangkan aspek eskternal antara lain meliputi profil produk yang ditawarkan, konsep bisnis yang digunakan, profil franchisor, komitmen franchisor dan lain-lain.
Aspek probabilitas adalah  profil investasi, proyeksi arus kas dan lain-lain, pendapatan,proyeksi laba rugi dan lain-lain.
Bije lewat bukunya ini berusaha memberikan  pemahaman yang mudah terutama bagi orang awam yang ingin lebih tahu tantang cara menjadi pengusaha melalui franchise. Makanya disetiap bab selalu ada kesimpulan. Dan di  bab terakhir yaitu bab 6, Bije memberikan model-model pemilihan franchise, dalam hal ini digambarkan 8 model merek franchise  seperti Alfamart, Melia Laundry, TX Travel, Dobbi Resto, Apotek K-24, Multiplus, Baba Rafi, dan The AutoBridal. (Alan - www.majalahfranchise.com)


COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Asli Indonesia Makanan - Minuman Review Buku Franchise sampai 100 juta
false
ltr
item
Peluang Usaha dan Bisnis Waralaba: Cara Aman Memulai Jadi Pengusaha
Cara Aman Memulai Jadi Pengusaha
http://www.majalahfranchise.com/beta/FileManager/image/Edisi%207-09/Book/Bije.gif
Peluang Usaha dan Bisnis Waralaba
http://peluangusahadanbisniswaralaba.blogspot.com/2010/03/cara-aman-memulai-jadi-pengusaha.html
http://peluangusahadanbisniswaralaba.blogspot.com/
http://peluangusahadanbisniswaralaba.blogspot.com/
http://peluangusahadanbisniswaralaba.blogspot.com/2010/03/cara-aman-memulai-jadi-pengusaha.html
true
6639064711151399950
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago